Tuesday, July 10, 2018

Pembuatan Business card dengan CorelDraw

Pembuatan Business card dengan CorelDraw

Jika Anda sudah berhasil menguasai pembuatan desain Logo dan Letterhead, desain selanjutnya yang perlu Anda kuasai adalah pembuatan Business card, atau umum disebut sebagai kartu nama.

Dalam pelbagai kesempatan, kartu nama menjadi media komuni-kasi sekaligus jembatan untuk menjalin relasi bisnis dengan pihak lain. Adalah suatu kemafhuman jika seorang pelaku bisnis senan-tiasa membawa serta kartu nama ke mana pun ia pergi.


Business card merupakan wakil diri Anda. Melalui business card orang lain bisa mengetahui informasi-informasi penting mengenai diri dan bisnis yang Anda jalankan, dan tentu saja cara menghubungi Anda. Oleh karenanya, sebuah kartu nama selain memuat berbagai informasi penting, juga harus merefleksikan jati diri Anda sebagai pemiliknya.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Ken Erdman, pendiri the Business Card Museum, Erenheim, PA, di Amerika Serikat.

The business card... is kind of an extension of yourself. It's a little bit of giving yourself to someone else.

Seberapa jauh sebuah kartu nama merefleksikan diri Anda, sejauh itu pula keberhasilan penggunaannya untuk kepentingan bisnis. Selain itu, yang patut Anda pahami juga, dalam konteks bisnis, sebuah kartu nama merupakan bagian integral dari corporate identity identitas perusahaan karenanya, kartu nama haruslah sinkron dengan berbagai elemen identitas perusahaan bersangkutan, seperti logo, letterhead, dan berbagai reproduksi lainnya.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Sebelum Anda mulai mendesain kartu nama, ada beberapa hal penulis anggap penting yang perlu Anda perhatikan terlebih dulu. 

Hal-hal tersebut antara lain adalah,


Ukuran adalah hal teknis yang perlu dicermati. Tujuan sebuah kartu nama adalah sebagai media komunikasi yang memudahkan orang mengingat informasi penting tentang pemilik kartu nama tersebut. Fakta juga mengatakan bahwa kartu nama harus mudah disimpan dan dibawa ke mana-mana, maka ukuran kartu nama relatif kecil.

Sebagai standar, Anda bisa merancang kartu nama berukuran 3,5 inci x 2 inci. Ukuran tersebut kira-kira setara dengan 9 cm x 5 cm atau bis juga dengan ukuran ID Card yaitu 8,5 cm  x 5 cm. Dengan ukuran seperti ini, bisa dipastikan kartu nama yang Anda buat mudah disimpan oleh orang lain.

Namun tidak tertutup kemungkinkan pula sekiranya Anda ingin merancang kartu nama dengan ukuran selain ukuran standar yang penulis sebut. Semuanya bebas, terserah keinginan dan imajinasi Anda, Ok?

Sebelum kartu nama dicetak, anda perlu mempertimbangkan penggunaan warna, jenis kertas, perlakukan atas kertas seperti pelapisan dengan metarial tertentu, dan juga pemotongan atau pengaturan bentuk akhir kartu.

Konsultasikan dengan pihak percetakan tempat Anda akan mencetak desain kartu nama yang dibuat, karena hal ini terkait dengan ongkos reproduksi yang musti Anda tanggung. Lagipula, Anda tak mungkin mencetak hanya beberapa lembar kartu nama kan? Paling tidak Anda mencetak beberapa ratus lembar.

Ok, itu hanyalah beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan. Sekarang, kita akan mulai secara langsung mendesain kartu nama untuk perusahaan-perusahaan yang telah kita sebutkan di atas.

Business Card Sumber Digital Printing

Di bagian ini, kita akan membuat desain kartu nama untuk "Sumber Digital Printing". Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buat dokumen kerja baru, yaitu dengan memilih menu File > New, atau dengan menekan tombol Ctrl + N pada keyboard. Kemudian atur parameter dokumen baru dengan ukuran kuarto (A4), orientasi mendatar (Landscape) dan dengan satuan pengukuran mm (melimeter). 

Tampilan halaman kerja keseluruhan

Klik 2 kali pada Rectangle tool maka akan muncul kotak sesuai dengan ukuran halaman kerja yang dibuat selumnya.

Selanjutnya kita akan memasukan logo. Disini kita menggunakan logo sumber digital printing. Caranya open / impor logo. Untuk jelasnya bisa di lihat pada video berikut

Yang perlu dalam pembuatan Business Card adalah informasi yang lengkap, agar orang dengan mudah menghubungi atau berkomunikasi dengan Anda.

Demikian uraian tentang Pembuatan Business Card semoga ada manfaatnya.